Jika di analogi kan dengan Komputer, Programming adalah software. Secara sederhana Programming adalah proses seleksi dan penjadwalan program yang dirancang oleh seorang programmer acara secara sistematis.
Apa Tujuan Programming ?
Tujuan utama programming dalam sebuah televisi komersial adalah mengoptimalkan (memperbanyak) jumlah pemirsa dan membantu memaksimalkan revenue.
Meskipun tujuan utamanya adalah memperbanyak jumlah pemirsa, tapi tugas programing di Televisi bukan hanya itu. Porogramming memiliki beberapa tugas yaitu:
- • Akuisisi program
- Pembelian program, baik dari dalam maupun luar negeri. Berbagai macam cara pembelian bisa dipilih oleh seorang programmer yang bertugas mengakuisisi program, tapi semua harus memiliki tujuan untuk membeli program yang baik (secara kualitas maupun komersial) semurah mungkin agar stasiun dapat memperoleh margin keuntungan sebesar-besarnya.
- • Schedulling program
- Membuat jadwal penayangan program, biasanya untuk jangka waktu mingguan-bulanan-sampai tahunan, yang mendukung pencapaian penonton sebesar-besarnya. Schedulling ini harus mempertimbangkan berbagai hal seperti; ketersediaan audience, pesaing, daya tarik program, peraturan lembaga negara, kesempatan komersial (penjualan) dan lain-lain.
- • Monitoring program
- Programmer juga harus melakukan pengawasan program, dan menentukan program mana yang masih bisa dikembangkan, harus diperbaiki, dipindah jam tayang atau bahkan harus diganti. Dalam pengawasan program ini programmer akan melakukan penilaian melalui survey secara kualitatif dan kuantitatif terhadap program tertentu.
- • Developing program
- Programmer akan bekerja sama dengan divisi produksi atau pemberitaan yang membuat program, menyarankan perbaikan dan penyempurnaan terhadap program. Tentunya saran ini berdasarkan temuan dari hasil survey yang dilaksanakan secara teratur.
AKUISISI
Dalam pelaksanaan akuisisi, pembelian program dari luar bisa dilakukan melalui berbagai pihak, seperti:
• Label Film
• Network atau broker film
• Production House
• Individual maker
Adapun cara pembelian yang sering dilakukan adalah melalui cara:
• Beli putus
• Beli paket / bundling
• Kerjasama Produksi / lisensi
• Blocking time
• Share Iklan
SURVEY
Pelaksanaan survey sangat penting bagi programming. Ada dua jenis survey yang digunakan dalam mengevaluasi program atau sekedar melihat selera audience dan trend. Kedua sistem survey tersebut adalah:
- Survey Kualitatif
- Survey Kuantitatif
Survey kuantitatif, biasanya mengandalkan data dari lembaga survey seperti AC Nielsen, SRI atau LSI. Lembaga yang paling umum digunakan adalah AC Nielsen. Di lembaga tersebut ada beberapa metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu:
- • Manual :
- Dengan kuesioner yang disebarkan oleh pewawancara khusus ataupun formulir isian sukarela yang dikumpulkan seminggu sekali dari panel sampel.
- • Elektronik :
- Dengan remote elektronik yang mencatat dan mendata penggunanya saat memindahkan channel TV di rumah mereka.
- • Otomatis :
- Pencatatan otomatis dari alat yang terintegrasi langsung dengan televisi di rumah rumah responden/panel sampel.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN RATING DAN SHARE :
TV Ratings (TVR)
Prosentase pemirsa yang menonton acara tertentu dari total populasi televisi atau target pemirsa
Rating (%) = (Pemirsa / total populasi TV) x 100 %
TV Share (TVS)
Prosentase pemirsa suatu saluran atau acara tertentu dari jumlah pemirsa televisi yang menonton saat itu.
Share (%) = (Pemirsa satu acara/ total penonton TV saat itu) x 100 %
No comments:
Post a Comment